Ada lebih dari 3 miliar orang menggunakan akun media sosial di seluruh dunia. Dengan jumlah yang begitu besar, tidak mungkin mengabaikan peran yang dimainkan media sosial dalam kehidupan kita. Jika Anda menjalankan bisnis hari ini dan perusahaan Anda tidak ada di media sosial, Anda perlu segera melakukannya.
Masih belum yakin? Baca terus, dan kami akan menunjukkan kepada Anda manfaat terbesar dari pemasaran media sosial.
1. Tingkatkan Pengakuan Merek
Jika tidak ada yang lain, manfaat pemasaran media sosial memungkinkan Anda untuk memperkenalkan nama perusahaan Anda di luar sana. Saat merek Anda menjadi lebih mudah dikenali dan lebih populer, merek itu akan terlihat lebih dapat dipercaya dan akan melekat di benak orang untuk jangka waktu yang lebih lama.
Dengan menggunakan alat seperti hashtag, Anda dapat memastikan bahwa posting Anda akan difilter ke dalam garis waktu dan umpan berita yang berpikiran sama. Ini dapat membantu Anda menjangkau demografis yang lebih spesifik hanya dengan menggunakan kata kunci yang tepat.
Di Twitter, Anda dapat melihat bilah tren untuk mengetahui apa yang sedang dibicarakan orang. Ini memungkinkan Anda mengetahui apa yang sedang populer saat ini dan Anda dapat menggunakan tag trending ini untuk menjangkau lebih banyak orang. Dengan hadir di banyak jaringan (minimal Anda harus berada di Twitter, Facebook, dan Instagram), bahkan pengguna media sosial yang apatis akan mulai mengenali merek Anda.
Semua perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan pengenalan merek di media sosial. Baik Anda adalah raksasa korporat global seperti Coca-Cola atau perusahaan tepercaya yang beroperasi di Palm Harbor, FL, media sosial dapat menjadi keuntungan bagi bisnis Anda.
2. Lebih Banyak Peluang untuk Konversi
Intinya, inti dari semua pemasaran adalah konversi. Konversi adalah ketika seseorang yang melihat pesan pemasaran Anda melakukan tindakan yang diinginkan, biasanya melakukan pembelian.
Dan setiap postingan yang dibuat oleh tim media sosial Anda adalah peluang bagi pelanggan untuk berkonversi. Media sosial sangat memudahkan pengguna untuk bereaksi terhadap postingan. Hanya dengan satu ketukan jari atau klik tombol, pengguna dapat menyukai, mengomentari, atau memposting ulang pesan Anda. Dengan setiap reaksi muncul peluang baru bagi seseorang untuk mengunjungi situs Anda yang hanya meningkatkan peluang Anda untuk konversi.
Jelas, tidak setiap reaksi mengarah pada pertobatan. Tetapi saat Anda mengumpulkan reaksi positif, Anda menyiapkan diri Anda untuk kemungkinan keuntungan konversi di kemudian hari.
Media sosial juga meningkatkan peluang Anda untuk berubah karena memiliki peluang untuk memanusiakan perusahaan Anda . Tidak seperti bentuk pemasaran lainnya, pemasaran media sosial memungkinkan bisnis untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dan juga membuat postingan seperti yang dilakukan orang biasa.
Pelanggan lebih sering menanggapi hal ini secara positif. Kicauan dan kiriman perusahaan yang paling populer dan viral cenderung tidak terdengar sangat korporat sama sekali.
3. Biaya Pemasaran Lebih Rendah
Menurut survei baru-baru ini, lebih dari 84% pemasar sosial menemukan bahwa mereka mengalami peningkatan lalu lintas saat mereka melakukan upaya sedikitnya enam jam per minggu. Itu kurang dari satu jam per hari. Statistik ini menunjukkan kekuatan strategi media sosial yang baik dan menekankan pepatah lama - bekerja cerdas, bukan keras.
Dengan menyisihkan hanya satu jam per hari, Anda dapat mengalami beberapa, jika tidak dramatis, peningkatan lalu lintas Anda. Mulailah dari yang kecil dan lihat apa yang berhasil dan tidak saat Anda mengasah suara sosial Anda.
4. Targetkan Demografi Tertentu dengan Iklan Facebook
Iklan Facebook adalah salah satu konten yang paling banyak dilihat di internet saat ini. Keindahan Iklan Facebook adalah Anda memiliki opsi untuk memfilter siapa yang akan melihat iklan Anda berdasarkan informasi seperti minat, usia, status hubungan, dan banyak lagi.
Selain itu, saat Anda menggunakan Facebook Pixel, Anda dapat melacak semua pengguna yang datang ke situs Anda melalui Iklan Facebook Anda. Ini, pada gilirannya, memungkinkan Anda membuat kampanye iklan ubahsuaian yang secara khusus ditargetkan kepada mereka yang pernah mengunjungi situs Anda.
5. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Pribadi
Saat ini, orang suka mendapatkan notifikasi di akun media sosial mereka. Ketika seseorang bereaksi positif terhadap kiriman media sosial Anda, pertimbangkan untuk menyebutkannya. Ini akan membuat pengguna merasa istimewa dan membina hubungan yang lebih kuat antara mereka dan merek Anda.
Selain itu, jika pelanggan mengeluh tentang layanan atau produk Anda di media sosial, ambil tindakan proaktif. Hubungi orang tersebut baik secara publik atau melalui pesan pribadi dan selesaikan masalahnya. Dengan meminta maaf secara terbuka, orang-orang yang melihat posting yang meremehkan diingatkan bahwa ada manusia di belakang tim media sosial Anda dan bahwa Anda peduli dengan layanan dan pelanggan Anda.
Orang-orang saat ini tidak hanya ingin membeli dari merek dengan produk berkualitas. Mereka juga menginginkan merek yang akan memperlakukan pelanggan mereka dengan hormat. Anda menginginkan musuh sesedikit mungkin di media sosial. Tidak ada perusahaan yang senang waktu mereka tersumbat oleh komentar meremehkan dari pelanggan yang kesal.
Menuai Manfaat Pemasaran Media Sosial untuk Bisnis Anda
Setelah melihat manfaat pemasaran media sosial yang tercantum di atas, mudah untuk melihat betapa hebatnya media ini. Saat Anda mulai terjun ke dunia media sosial, ingatlah untuk selalu jujur dan perlakukan pelanggan Anda dengan hormat.
Cobalah untuk memulai dari yang kecil dan hanya hadir di platform media sosial utama. Setelah Anda memahaminya, pertimbangkan untuk membuat cabang dan menjadi kreatif di situs yang lebih kecil dan lebih banyak.
Mencari artikel pemasaran yang lebih informatif? Lihat blog kami hari ini!